SILABUS
DAN
RENCANA
KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
MATA
KULIAH SOCIOLINGUISTICS
DISUSUN
OLEH
ANDRI DONAL, M.Pd
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PASIR PENGARAIAN
KABUPATEN
ROKAN HULU
2016
SILLABUS
RANCANGAN KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN
A.
Pengantar / Identitas Mata Kuliah
Mata
Kuliah / Kode : Sociolinguistics/ ING 24322
Jumlah
SKS : 2 SKS
Semester : IV
Program
Studi : Pendidikan Bahasa
Inggris
Jumlah
Pertemuan : 16x
tatap muka (UTS- UAS)
B.
Deskripsi Mata Kuliah.
Sociolinguistik
sebagai bidang ilmu yang bersifat interdisipliner memusatkan kajiannya pada
penggunaan bahasa dalam kaitannya dengan aspek-aspek sosial kultural masyarakat
penggunanya. Dalam konteks ini, pemahaman dan pembahasan terhadap penggunaan
bahasa sebagai alat komunikasi akan melibatkan paling tidak, aspek-aspek
berikut: 1) Penggunaan bahasa dalam masyarakat yang terpengaruhi oleh faktor
sosial kultural kebahasaan; 2) Hubungan bahasa dengan budaya; 3) Keragaman
unsur-unsur kebahasaan yang dipengaruhi oleh keragaman struktur sosial pengguna
bahasa; 4) Pemerolehan kemampuan penggunaan bahasa dalam kaitannya dengan
faktor sosial kultural masyarakat pengguna bahasa
C.
Tujuan
Intruksional/ Indikator Kompetensi
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa tidak hanya
dapat menjelaskan korelasi bahasa dan aspek-aspek luar bahasa cera lebih dalam
tetapi juga dapat menghasilkan desain penelitian sosiolinguistik sederhana.
D.
Materi
Perkuliahan
Minggu ke
|
Pokok Bahasan
|
Rincian Pokok Bahasan
|
1
|
Syllabus
Orientation
|
Introduction to the course content, assessment,
requirements, references/ books, assignments, etc.
|
2
|
Language and Society
|
a. What is Sociolinguistics?
b. Social Factors, Dimensions, and Explanations
c. Sociolinguistics
and the Sociology of Language
|
3
|
Language, Dialects, and Varieties
|
a. Language and Dialects
b. Regional Dialects
c. Social Dialects
d. Styles and Registers
|
4
|
Choosing a Code
|
a. Diglossia
b. Bilingualism and Multilingualism
c. Code Choice
d. Code Switching
e. Code Mixing
|
5
|
Speech Communities
|
a. Definitions
b. Intersecting Communities
c. Networks and Repertoires
|
6
|
Language Change
|
a. Creoles and Pidgins
b. Some Changes in Progress
c. The Mechanisms of Change
d. Language Death
|
7
|
Language and Culture
|
a. The Whorfian Hypothesis
b. Kinship Systems
c. Taxonomies
d. Color Terminology
e. Prototype Theory
f. Taboo and Euphemism
|
8
|
Ethnography
|
a. Varieties of Talk
b. The Ethnography of Communication
c. Ethnomethodology
|
9
|
UTS
|
|
10
|
Language and Sex
|
a. Male – Female Differences
b. Some Possible Explanations
c. Language and Sex in Different Cultures
|
11
|
Solidarity and Politeness
|
a. Tu and Vous
b. Address Terms
c. Politeness
|
12
|
Acting and Conversing
|
a. Speech Acts
b. Cooperations and Face
c. Some Features of Conversation
|
13
|
Style of Speech
|
a. Style
b. Style, Dialect, Language and Registers
c. The Style of Message
d. Stereotypes
e. Linguistic Features of style
|
14
|
Language Planning
|
a. Linguistic Problems as Societal Problems
b. National and Official Language
c. Planning for a National Official Language
d. A Variety of Situations
e. The Linguist’s Role in Language Planning
|
15
|
Sociolinguistics and Language Teaching
|
a.
Attitude to Language
b. Vernacular Dialects and Educational Disadvantage
c. Language, Culture, and Interaction in the Classroom
|
16
|
UAS
|
E.
Strategi
Perkuliahan
Perkuliahan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya
jawab dan presentasi makalah sehingga mahasiswa aktif dalam memahami materi dan
menyelesaikan masalah dalam berbagai kehidupan di masyarakat.
F.
Evaluasi / Kriteria Penilaian
/ Pembobotan
Huruf
|
Angka
|
Mutu
|
A
|
4
|
≥ 80
|
B
|
3
|
65 - 79,99
|
C
|
2
|
56 - 64,99
|
D
|
1
|
40,01 - 55,99
|
E
|
0
|
≤ 40
|
Penentuan
nilai akhir digunakan pembobotan sebagai berikut:
Nilai
akhir : Absensi 10
% + Tugas 20 % + 30 % UTS + 40% UAS
G.
Daftar
Pustaka
1.
Appel,
Rene and Pieter Muysken. 1987. Language Contact and Bilingualist. London:
Edward Arnold.
2.
Hudson,
R.A. 1981. Sociolinguistics. New
York: Cambridge University Press
3.
Wardhough, R. 2006.
An Introduction to Sociolinguistics.Victoria: Blackwell Publishing
4.
Sumber yang relevan
Pasir
Pengaraian, 1
Februari 2016
Mengetahui: Dosen
Penangggung Jawab
Ketua Jurusan
PIPIT RAHAYU, M.Pd ANDRI DONAL, M.Pd
NIP.198601312009032002 NIP 197912092009031002
RENCANA
KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
MATA
KULIAH SOCIOLINGUISTICS
Mata Kuliah / Kode : Sociolinguistics/ ING 24322
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : IV
Program Studi :
Pendidikan Bahasa Inggris
Jumlah Pertemuan :
16 Kali tatap muka (UTS- UAS)
Meeting
|
Tujuan Instruksional
|
Bahasan
|
Sub-bahasan
|
Waktu
|
Ref.
|
1
|
Pengenalan
kontrak perkuliahan
|
Syllabus
Orientation
|
Introduction to the course content, assessment,
requirements, references/ books, assignments, etc.
|
2x45
|
1,2,3,4
|
2
|
Memahami korelasi
antara bahasa dengan masyarakat
|
Language and Society
|
a. What is Sociolinguistics?
b. Social Factors, Dimensions, and Explanations
c. Sosiolinguistics and the Sociology of Language
|
2x45
|
1,2,3,4
|
3
|
Memahami bahasa,
dialek dan variasi
|
Language, Dialects, and Varieties
|
a. Language and Dialects
b. Regional Dialects
c. Social Dialects
d. Styles and Registers
|
2x45
|
1,2,3,4
|
4
|
Memahami fenomena
kontak bahasa
|
Choosing a Code
|
a. Diglossia
b. Bilingualism and Multilingualism
c. Code Choice
d. Code Switching
e. Code Mixing
|
2x45
|
1,2,3,4
|
5
|
Menjelaskan model
variasi bahasa
|
Speech Communities
|
a. Definitions
b. Intersecting Communities
c. Networks and Repertoires
|
2x45
|
1,2,3,4
|
6
|
Memahami
perubahan bahasa
|
Language Change
|
a. Creoles and Pidgins
b. Some Changes in Progress
c. The Mechanisms of Change
d. Language Death
|
2x45
|
1,2,3,4
|
7
|
Memahami kaitan bahasa dengan
budaya
|
Language and Culture
|
a. The Whorfian Hypothesis
b. Kinship Systems
c. Taxonomies
d. Color Terminology
e. Prototype Theory
f. Taboo and Euphemism
|
2x45
|
1,2,3,4
|
8
|
Memahami ethnography
|
Ethnography
|
a. Varieties of Talk
b. The Ethnography of Communication
c. Ethnomethodology
|
2x45
|
1,2,3,4
|
9
|
UTS
|
||||
10
|
Memahami hubungan
bahasa dengan jenis kelamin
|
Language and Sex
|
a. Male – Female Differences
b. Some Possible Explanations
c. Language and Sex in Different Cultures
|
2x45
|
1,2,3,4
|
11
|
Memahami
solidaritas dan sopan santun dalam bahasa
|
Solidarity and Politeness
|
a. Tu and Vous
b. Address Terms
c. Politeness
|
2x45
|
1,2,3,4
|
12
|
Memahami bentuk
percakapan
|
Acting and Conversing
|
a. Speech Acts
b. Cooperations and Face
c. Some Features of Conversation
|
2x45
|
1,2,3,4
|
13
|
Memahami variasi
tuturan
|
Style of Speech
|
a. Style
b. Style, Dialect, Language and Registers
c. The Style of Message
d. Stereotypes
e. Linguistic Features of style
|
2x45
|
1,2,3,4
|
14
|
Menjelaskan
masalah linguistik dari berbagai sisi
|
Language Planning
|
a. Linguistic Problems as Societal Problems
b. National and Official Language
c. Planning for a National Official Language
d. A Variety of Situations
e. The Linguist’s Role in Language Planning
|
2x45
|
1,2,3,4
|
15
|
Menjelaskan
sosiolinguistik dan pembelajaran bahasa
|
Sociolinguistics and Language Teaching
|
a.
Attitude to Language
b. Vernacular Dialects and Educational Disadvantage
c. Language, Culture, and Interaction in the Classroom
|
2x45
|
1,2,3,4
|
16
|
UAS
|
Pasir
Pengaraian, 1
Februari 2016
Mengetahui: Dosen
Penangggung Jawab
Ketua Jurusan
PIPIT RAHAYU, M.Pd ANDRI DONAL, M.Pd
NIP.198601312009032002 NIP 197912092009031002
EmoticonEmoticon