Tuesday, October 11, 2016

Contoh Silabus Mata Kuliah Sociolinguistics



SILABUS DAN
RENCANA KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
MATA KULIAH SOCIOLINGUISTICS













DISUSUN OLEH
ANDRI DONAL, M.Pd



JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
KABUPATEN ROKAN HULU
2016



SILLABUS

RANCANGAN KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN

 

A.      Pengantar / Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah / Kode         : Sociolinguistics/ ING 24322
Jumlah SKS                     : 2 SKS
Semester                           : IV
Program Studi                  : Pendidikan Bahasa Inggris
Jumlah Pertemuan            : 16x tatap muka (UTS- UAS)

B.       Deskripsi Mata Kuliah.
Sociolinguistik sebagai bidang ilmu yang bersifat interdisipliner memusatkan kajiannya pada penggunaan bahasa dalam kaitannya dengan aspek-aspek sosial kultural masyarakat penggunanya. Dalam konteks ini, pemahaman dan pembahasan terhadap penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi akan melibatkan paling tidak, aspek-aspek berikut: 1) Penggunaan bahasa dalam masyarakat yang terpengaruhi oleh faktor sosial kultural kebahasaan; 2) Hubungan bahasa dengan budaya; 3) Keragaman unsur-unsur kebahasaan yang dipengaruhi oleh keragaman struktur sosial pengguna bahasa; 4) Pemerolehan kemampuan penggunaan bahasa dalam kaitannya dengan faktor sosial kultural masyarakat pengguna bahasa

C.      Tujuan Intruksional/ Indikator Kompetensi
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa tidak hanya dapat menjelaskan korelasi bahasa dan aspek-aspek luar bahasa cera lebih dalam tetapi juga dapat menghasilkan desain penelitian sosiolinguistik sederhana.

D.      Materi Perkuliahan

Minggu ke
Pokok Bahasan
Rincian Pokok Bahasan
1
Syllabus
Orientation
Introduction to the course content, assessment, requirements, references/ books, assignments, etc.
2
Language and Society
a. What is Sociolinguistics?
b. Social Factors, Dimensions, and Explanations
c. Sociolinguistics and the Sociology of Language
3
Language, Dialects, and Varieties
a. Language and Dialects
b. Regional Dialects
c. Social Dialects
d. Styles and Registers
4
Choosing a Code
a. Diglossia
b. Bilingualism and Multilingualism
c. Code Choice
d. Code Switching
e. Code Mixing
5
Speech Communities
a. Definitions
b. Intersecting Communities
c. Networks and Repertoires
6
Language Change
a. Creoles and Pidgins
b. Some Changes in Progress
c. The Mechanisms of Change
d. Language Death
7
Language and Culture
a. The Whorfian Hypothesis
b. Kinship Systems
c. Taxonomies
d. Color Terminology
e. Prototype Theory
f. Taboo and Euphemism
8
Ethnography
a. Varieties of Talk
b. The Ethnography of Communication
c. Ethnomethodology
9
UTS
10
Language and Sex
a. Male – Female Differences
b. Some Possible Explanations
c. Language and Sex in Different Cultures
11
Solidarity and Politeness
a. Tu and Vous
b. Address Terms
c. Politeness
12
Acting and Conversing
a. Speech Acts
b. Cooperations and Face
c. Some Features of Conversation
13
Style of Speech
a. Style
b. Style, Dialect, Language and Registers
c. The Style of Message
d. Stereotypes
e. Linguistic Features of style
14
Language Planning
a. Linguistic Problems as Societal Problems
b. National and Official Language
c. Planning for a National Official Language
d. A Variety of Situations
e. The Linguist’s Role in Language Planning
15
Sociolinguistics and Language Teaching
a. Attitude to Language
b. Vernacular Dialects and Educational Disadvantage
c. Language, Culture, and Interaction in the Classroom
16
UAS


E.       Strategi Perkuliahan
Perkuliahan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab dan presentasi makalah sehingga mahasiswa aktif dalam memahami materi dan menyelesaikan masalah dalam berbagai kehidupan di masyarakat.

F.       Evaluasi / Kriteria Penilaian / Pembobotan

Huruf
Angka
Mutu
A
4
≥ 80
B
3
65 - 79,99
C
2
56 -  64,99
D
1
40,01 - 55,99
E
0
  40
           
Penentuan nilai akhir digunakan pembobotan sebagai berikut:
Nilai akhir : Absensi 10 % + Tugas 20 % + 30 %   UTS + 40% UAS


G.      Daftar Pustaka
1.    Appel, Rene and Pieter Muysken. 1987. Language Contact and Bilingualist. London: Edward Arnold.
2.    Hudson, R.A. 1981. Sociolinguistics. New York: Cambridge University Press
3.    Wardhough, R. 2006. An Introduction to Sociolinguistics.Victoria: Blackwell Publishing
4.    Sumber yang relevan



                                                                    Pasir Pengaraian, 1 Februari 2016
              Mengetahui:                                    Dosen Penangggung Jawab
             Ketua Jurusan




   PIPIT RAHAYU, M.Pd                              ANDRI DONAL, M.Pd
  NIP.198601312009032002                          NIP 197912092009031002


RENCANA KEGIATAN PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
MATA KULIAH SOCIOLINGUISTICS

Mata Kuliah / Kode                : Sociolinguistics/ ING 24322
Jumlah SKS                            : 2 SKS
Semester                                  : IV
Program Studi                         : Pendidikan Bahasa Inggris
Jumlah Pertemuan                   : 16 Kali tatap muka (UTS- UAS)

Meeting
Tujuan Instruksional
Bahasan
Sub-bahasan
Waktu
Ref.
1
Pengenalan kontrak perkuliahan
Syllabus
Orientation
Introduction to the course content, assessment, requirements, references/ books, assignments, etc.
2x45
1,2,3,4
2
Memahami korelasi antara bahasa dengan masyarakat
Language and Society
a. What is Sociolinguistics?
b. Social Factors, Dimensions, and Explanations
c. Sosiolinguistics and the Sociology of Language
2x45
1,2,3,4
3
Memahami bahasa, dialek dan variasi
Language, Dialects, and Varieties
a. Language and Dialects
b. Regional Dialects
c. Social Dialects
d. Styles and Registers
2x45
1,2,3,4
4
Memahami fenomena kontak bahasa
Choosing a Code
a. Diglossia
b. Bilingualism and Multilingualism
c. Code Choice
d. Code Switching
e. Code Mixing
2x45
1,2,3,4
5
Menjelaskan model variasi bahasa
Speech Communities
a. Definitions
b. Intersecting Communities
c. Networks and Repertoires
2x45
1,2,3,4
6
Memahami perubahan bahasa
Language Change
a. Creoles and Pidgins
b. Some Changes in Progress
c. The Mechanisms of Change
d. Language Death
2x45
1,2,3,4
7


Memahami kaitan bahasa dengan budaya
Language and Culture
a. The Whorfian Hypothesis
b. Kinship Systems
c. Taxonomies
d. Color Terminology
e. Prototype Theory
f. Taboo and Euphemism
2x45
1,2,3,4
8
Memahami ethnography
Ethnography
a. Varieties of Talk
b. The Ethnography of Communication
c. Ethnomethodology
2x45
1,2,3,4
9
UTS
10
Memahami hubungan bahasa dengan jenis kelamin
Language and Sex
a. Male – Female Differences
b. Some Possible Explanations
c. Language and Sex in Different Cultures
2x45
1,2,3,4
11
Memahami solidaritas dan sopan santun dalam bahasa
Solidarity and Politeness
a. Tu and Vous
b. Address Terms
c. Politeness
2x45
1,2,3,4
12
Memahami bentuk percakapan
Acting and Conversing
a. Speech Acts
b. Cooperations and Face
c. Some Features of Conversation
2x45
1,2,3,4
13
Memahami variasi tuturan
Style of Speech
a. Style
b. Style, Dialect, Language and Registers
c. The Style of Message
d. Stereotypes
e. Linguistic Features of style
2x45
1,2,3,4
14
Menjelaskan masalah linguistik dari berbagai sisi
Language Planning
a. Linguistic Problems as Societal Problems
b. National and Official Language
c. Planning for a National Official Language
d. A Variety of Situations
e. The Linguist’s Role in Language Planning
2x45
1,2,3,4
15
Menjelaskan sosiolinguistik dan pembelajaran bahasa
Sociolinguistics and Language Teaching
a. Attitude to Language
b. Vernacular Dialects and Educational Disadvantage
c. Language, Culture, and Interaction in the Classroom
2x45
1,2,3,4
16
UAS


                                                                       Pasir Pengaraian, 1 Februari 2016
              Mengetahui:                                       Dosen Penangggung Jawab
             Ketua Jurusan




   PIPIT RAHAYU, M.Pd                             ANDRI DONAL, M.Pd
NIP.198601312009032002                           NIP 197912092009031002



EmoticonEmoticon